Dua bulan yang lalu saya menemukan sebuah artikel di forum.z.cash mengenai berbandingan mining untuk setiap VPS hosting. Saya mejadi penasaran apakah VPS mampu digunakan untuk mining, karena bisanya jika melakukan mining pada biasanya menggunakan GPU bukan berarti Gosok Pijat Urutya, melainkan Graphic Prosesion Unit. Sementara di VPS itu sendiri bisanya tidak menggunakan GPU melainkan menggunakan CPU. Saya coba mempelajari thread di atas dan saya mulai mencobanya dan berhasil, meski dengan hashrate yang lebih kecil jika menggunakan dedicated mining dengan GPU, namun disin kita tidak memperlukn budget yang terlalu bes ataupun bisa gratisan dengan memanfaatiak trial yang ada. Ini sangat cocok untuk para pemburu bitcoin pemua yang tidak memiliki dana ataupun modal untuk membeli alat mining yang sangat malah dan dengan resiko yang terlalu besar.

Hal-hal yang diperlukan

Sebelum melakukan mining di VPS kalian harus memiliki beberapa hal di bawah ini, diantaranya: 1. Sebuah wallet atau dompet alamat tempat coin yang kalian mining akan ditaruh. Jika kalian belum memiliki dompet kalian bisa kalian buat di bitcoin.co.id, contoh alamat bitcoin: 3Jy5HD6DZLoBNBsmxg8NPfMEkgqLypZXGJ 2. Mining pool sebagai “kolam renang” dimana kita memerge hashrate dengan miner kita dan kita akan medapatkan coin “share” berdarkan seberapa bayak kita dalam mencari block. Kalian bisa registrasi mining pool, bisa dilakukan di minergate.com

Selain dua hal diatas pastikan kalian telah memiliki vps jika kalian belum kalian bisa membaca artikel tentang cara membuat vps secara gratis dan perbandingan mining di VPS.

Langkah-langkah mining di VPS

Buka VPS kalian melalu SSH dengan cara membuka bash shell, atau kalian bisa menggunakan Putty, Bitvise SSH Client

Pasatikan bash atau shell kalian telah terbuka, kemudian copy kode dibawah ctrl+c dan klik kanan pada bash yang telah terbuka untuk melakukan paste.

sudo apt-get update \
&& sudo apt-get install cpulimit \
&& wget https://minergate.com/download/deb-cli -O minergate-cli.deb \
&& sudo dpkg -i minergate-cli.deb \
&& apt-get install screen

Pada perintah diatas kita menginstall cpulimit dan minergate-cli. Cpu limit berfungsi sebagai pebatas kerja minergate-cli agar tidak memakan semua kapasitas CPU kita. Kemudian minergate-cli sebagai alat mining

Jika kalian telah berhasil memasukan perintah diatas kalian bisa memasukan perintah dibawah untuk mulai mining minergate-cli -user email -matauang jumlah core. Ganti email dengan alamat email yang kalian gunakan untuk mendaftar di minergate.com. Jangan lupa menganti matauang dengan nama mata uang yang akan kalian mining yang dapat kalian lihat di minergate.com bisanya terdiri dari 3 huruf. Kemudian ubah jumlah core yang akan digunakan, pastikan jumlah core sesuai degan VPS kalian.

Jumlah core ini sangat mempengaruhi besar hashrate yang akan kita dapat’. Berikut contohnya mnergate-cli -user mine@kangmicin.com -btc 1 dan berikut contoh 2 coin secara bersamaan minergate-cli -user mine@kangmicin.com -btc 1 -xmr 2. Pada cotoh pertama kita mining Bitcoin dengan jumlah core 1 sedangkan untuk contoh kedua kita mining bitcoin dengan jumlah core 1 dan monero dengan jumlah core 2. berikut tampilan jika proses mining telah benar terjadi

diambil dari minergate.com

Pada dashboard di minergate akan napak warna hijau pada koin yang telah di mining berserta jumlah worker yang digunakan

dashboard dari minergate.com

Pada tahap ini kita sudah berhasi untuk mining di bitcoin namun ada beberapa hal yang mesti kita lakukan agar proses mining berjalan secara otomatis dan dapat berjalan di latar belakang dan juga agar tidak membebani server yang kita gunakan

Membatasi kerja Minergate-CLI

Membatasi kerja dari minergate-cli perlu dilakukan karena software terbut memakan seluruh CPU kita. Akibatnya aplikasi lain tidak berjalan lancar dan akibatnya pihak hosting bisa memblokir VPS kita. berikut langka mudah untuk melimit kerja dari minergate-cli:

Cari PID dari minergate-cli dengan memasukan perintah top pada bash. Disana akan napak seluruh aplikasi yang berjalan pada VPS tadi.

hasi dari perintah top

Masukan perintah berikut pada bash cpulimit -l jumlah_persen -p PID. Berikut contoh menggunan untuk contoh gambar diatas cpulimit -l 80 -p 772, membatasi prosses apliasi degna pid 772 dengan limit 80 presen dari penggunaan CPU. jika berhasil saat kita membuka peritahtop akan menampilkan cpulimit pada kolom COMMAND.

Mining secara otomatis

Pada tahapa di atas kita sudah bisa mining, namu jika kita perhatikan jika kita menutup SSH terminal proses mining akan terhenti. Untuk hal tersebut kita memerlukan sebuah peritah untuk mejalantkan cpulimit dan minergate-cli secara berkelanjutan. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan hal itu diantaranya menjalankannya dengan menggunakan nohup, menaruhnya di batch job, atau di cron command. Agar lebih gampang kita akan mengguakan nohup. Cara menggunakannya cukup gampang nohup &, disini kita harus mengganti perintah dengan perintah untuk menjalankan minergate-cli, contohnya sebagai berikut nohup minergate-cli -user miner@kangmicin.com -btc -1 & dan contoh penggunaan unutk cpu limit adalah sebagai berikut nohup cpulimit -l 80 -p 774 .

Untuk memastikan apakah proses berhasil telah berjalan kita bisa close terminal dan buka terminal baru dan masukan perintah top makan akan terlihat minergate-cli. Untuk menghentikan nohup cukup gampang tinggall masukan perintah kill PID ganti PID dengan PID aplikasi yang akan kita hentikan.

Semakinn besar core yang kita gunakan untuk mining lewat VPS, maka akan semakin besar hashrate yang kita perole dan semakin banyaknya bitcoin yang kita peroleh