menambahan SSL unutuk website kita merupakan salah satu langkah agar visitor di website kita makin bayak itu karena dengan adanya SSL maka akan terciptanya sambungan yang aman antara browser dengan webserver. Pemasangan SSL di Shared Hosting gratis seperti Infinityfree, Awardspace, Idhosts,dan yang lainnya biasaya menggunakan cpanel biasa yang kurang lengkap dan agak susah untuk menginstallnya. Pada tutorial kali ini kita akan menginstall SSL pada Shared Hosting Infinityfree menggunakan cloudflare sebagai DNS managernya, itu karena coudflare memberikan ssl secara gratis.

Langkah-langkah setup SSL di Cpanel

Silkan kalian login ke cpanel tempat website kalian berada, bagi kalian yang menggunakan Infiniyfree kalian bisa login di akun kalian trus buka cpanelnya. Pada bagian secuirty pilih SSL/TLS.

vps windows

pilih pada configure SSL kemudian klik pada button configure pada domain kalian. Kemudian klik pada button generate key / CSR. Jika private key dan CSR telah dibuat kalian bisa langsung mecopy CSR ke clipboard.

vps windows

Pastikan kalian telah menyimpan private key dan CSR ke komputer kalian karena kaau hilang maka kalian tidak bisa memasang SSL tadi. CSR ini merupakan Certificate Security Request yang berfungsi sebagai file yang mempair dengan certificate file.

Buka cloundflare dam tambahkan situs web anda tadi ke bagian add website. nanti kalian akan meihat DNS record untuk website kalian. Kemudian kalian akan diminta untuk mengganti nameserver kalian dengan nameserver dari Cloudflare. Pengantian nameserver ini tidak akan mempengaruhi website kalian dan waktu yang diperlukan biasanya kurang dari 15 menit saja.

vps windows

Buka pada bagian cripto kemudian cari pada bagian create certificate untuk membuat SSL kalian. Sebuah pop-up akan muncul piih pada bagian i have my own CSR dan sebuah kolom akan terbuka kemudian masuka CSR yang telah kalian copy. Kalian akan disuguhkan dengan informasi Certificate kalian jika berhasil memasukan CSR tadi.Copy origin certificate pada SSL / TSL di Cpanel kalian. Agar trafiic dari HTTP bisa di redirect ke HTTPS kalian bisa mentoggle di always use HTTPS pada bagian crypto di cloudflare. Selamat sekarang website kalian sudah menggunakan HTTPS di urlnya.

Testing SSL

Pada tahap ini kita akan menganalisa seberapa bagus SSL kita. Pengujian ini berfungsi untuk mengetahui apakah semua browser support website kita, adakah salah install atau seberapa bagus SSL kita. Kalian bisa membuka ssllabs.com yang memiliki banyak fitur termasuk yang diatas. Masukan url kalian yang telah terpasang SSL kemudian kilik submit. Tunggu bebrapa saat sampai selesai, kalian akan melihat grade SSL kalian, browser support, dan masalah apa yang ada pada SSL tadi. jika kita lihat pada bagian handsake simulation terlihat cukup banyak platform yang support SSL cloudflare meskit SSL ini tidak support SNI. Grade yang didapatkan cukup memuaskan yaitu A dimana cukup memuaskan untuk SSL gratisan.

vps windows