Pindah Server WordPress Tanpa Plugin

  • calendar_today
  • styletutorial
  • shareshare
  • question_answercomment
Thumbnail - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin

WordPress adalah CMS yang banyak digunakan oleh para blogger di indonesia untuk

mengatur blog mereka. WordPress mengunakan bahasa pemerograman php yang merupakan bahasa memerograman yang dikhusukan untuk penggunaan di server. Banyak Hosting baik yang telah memeberikan banyak penawaran hosting WordPress baik yang melalui shared hosting yanv dimana satu ip yang dibagi untuk beberapa website atau yang dedicate dimana 1 IP untuk 1 website. Dengan banyaknya pengunjung di websiste yang sedang dikelola oleh server yang digunakan, kita perlu melakukan upgrade agar kecepatan website tidak down karena tidak bisa menerima request atau prosess loading web yang lambat. Prosess ini dikenal dengan nama migate, migrate adalah proses yang sering

dilakukan untuk memindahkan lokasi dari satu situs ke tempat hosting lama ke yang baru atau perubahan dari server lama ke yang baru.

Pada WordPress kita tidak bisa melakukan migrate pada halaman admin,

meskit kita bisa melakukan import/export pada bagian tools namum ini tidak bisa digunakan untuk melakukan backup terhadap database, template, plugin ataupun pengaturan di WordPress. Meski kita bisa menggunakan plugin untuk melakukan hali ini namum kita mesti membuat WordPress target yang akan kita pasang plugin tadi untuk melakukan import. Pada kali ini saya akan membahas cara memasang atau melakukan migrate pada situs WordPress kalian tanpa downtime.

Pengenalan

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
kitty meme

Saya baru ini melakukan migrasi yang dulunya saya taruh di infinityfree tempat penyedia hosting gratis, meski dengan iklan yang banyak tetapi servernya lumayan bagus. Pada bulan-bulan awal tidak ada masalah yang berarti tetapi seiring dengan banyaknya pengunjung akhirnya hosting saya di suspend pihak infinityfree tanpa adanya pembaruan. Akibatnya situs saya berhenti selama sehari dan dampaknya sangat besar, sehingga berdampak pada penurunan pengunjung dan saya tidak bisa mengakses panel server selama 1 hari. Karena hal itu saya akhirnya melakukan migrasi server dari situs yang saya kelola.

Saya mencoba melakukan migrasi menggunakan plugin seperti all-in-one-migration, wordpres-clone, dll, tetapi tidak berjalan lancar. Oleh sebab itu saya merangkup cara yang saya lakukan untuk melakuan migrasi hosting dari WordPress di CPanel mengunakan FTP dan PhpMyAdmin tanpa downtime dan tentunya mudah untuk dilakukan.

Export & Import WordPress Database

Database yang umumnya digunakan oleh website adalah MySQL untuk mengedit database ini kebanyakan orang menggunakan PhpMyAdmin. phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui internet

Menambahkan User Di Database MySQL

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
kitty meme
Pastikan user yang kalian buat nanti telah memiliki akses penuh terhadap database yang nanti kita akan buat dan kalian menyimpan password yang telah kalian buat tadi.

Export WordPress DB Menggunakan PhpMyAdmin

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
kitty meme

Pada PhpMyAdmin kalian klik pada bagian import kemudia pilih yang nomer 2, terus pada compress pilih zip. Hal ini agar kita tidak perlu melakukan compress ketika nantinya ingin mengimport pada target database.

Import WordPress DB mengginakan PhpMyAdmin

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
kitty meme
Pada bagian ini kalian tinggal mengunggah file database yang telah kalian download dalam format zip kedalam database target. pastikan kalian telah membuat database baru di MySQL server tujuan kalian.

Menyimpan file di server lama

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
kitty meme

Kalian mesti mendownload semua file pada /htdocs dengan menggunakan filezilla file ini terletak pada root folder. Hal ini mungkin agak lama, tergantung banyaknya file pada theme, plugin, atau upload, kalian bisa melakukan install menggunakan sofaculus yang biasanya telah terinstall di CPanel kalian dan melakukan compress file WordPress kita.

Upload Backup Ke Server Tujuan

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
kitty meme
Setelah kalian berhasil mengunduh file WordPress kalian, kemudian kalian upload file tadi yang telah di padatkan kedalam format zip ke htdocs di server tujuan Jika sudah kalian tinggal upload file tersebut dan pada online file manager pada CPanel kalian lakukan uncompress file WordPress tadi. Sekarang kaliaan hapus file php-config.php ini kita lakukan untuk mentrigger WordPress agar keluar panel install. jika kalian buka website kalian, kalian akan dialihkan ke halaman setup.

Pada bagian setup database masukan host, database, username, dan password, serta tabel prefix. Tabel prefix dapat kita jumpai di PhpMyAdmin terus buka database yang kalian buat dan telah kalian masukan datanya, jika kalian perhatikan pada tabel name wpli_post, pada tabel nama itu wpli adalah tabel prefixnya, jadi yang didepan garis bawah adalah tabel prefix. Jika berhasil makan akan nampak halaman pemberitahuan dan kalian akan bisa membuka halaman login.

Kesimpulan

Image - Pindah Server WordPress Tanpa Plugin
it's working
Demikian cara migrate WordPress dari satu CPanel hosting ke yang lainnya. Langkah diatas sudah saya lakukan dan saya rasa tidsk terlalu sulit untuk diterapkan. Kalau ada yang kalian ingin tanyakan silakan kalian berkomentar di kolom di bawah dan jangan lupa untuk di bookmark.

Comment:

Belum ada satupun komentar, tulis komentar pertama kamu sekarang