Mengatasi Masalah IDM “Do you want to download it from the beginning”

  • calendar_today
  • styletutorial
  • shareshare
  • question_answercomment
Thumbnail - Mengatasi Masalah IDM “Do you want to download it from the beginning”

Sering kali ketika saya download file di situs seperti di zippyshare sering muncul masalah pada IDM misalnya kita download file menggunakan modem dan kita berpindah koneksi ke wifi dan hal yang sering terjadi IDM menyuruh kita untuk download file dari awal lagi, apalagi Jika file yang kita download memiliki ukuran yang besar atau memiliki kuota yang terbatas. Atau jika lebih dari sehari yang akibatnya link download tidak bisa digunakan lagi, dan kita mesti download lagi.

Apa itu IDM

IDM (Internet Download Manager) adalah aplikasi pada PC yang banyak digunakan di Indonesia. Meski IDM bukan merupakan aplikasi yang gratis tetapi tidak menghalangi orang-orang untuk menggunakan aplikasi ini untuk download berkas di internet. IDM Disukai digunakan di indonesia karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan download file di browser. Ini karena kebanyakan browser seperti IE, Firefox atau Chrome yang tidak memiliki fitur-fitur yang memadai untuk download file. Selain itu ketika kita download file di browser, sering sekali file tersebut tidak bisa di download atau rusak dan tidak bisa di buka.

IDM memiliki fitur yang lengkap dalam download file dan bisa terintegrasi dengan semua jenis browser di PC kalian. Adapun beberapa fitur yang ada pada IDM diantaranya:

  1. Bisa medownload video online seperti di situs streaming video dailymotion dan youtube
  2. Bisa menghentikan dan melanjutkan unduhan
  3. Menambah kecepatan unduhan
  4. Bulk download, kita bisa download berkas yang ada pada website secara bersamaan
  5. Schedule download (fitur yang sering saya gunakan kalau mau download di warnet) Dan masih bayak lagi

Masalah yang sering muncul pada IDM

Masalah yang paling sering timbuk pada IDM adalah terminate download. Download yang sebelumnya kita tunda tidak bisa kita melanjutkan untuk di download. Jika pada IDM kalian akan menerima pesan “Do you want to download it from the beginning”, hal ini dapat diartikan alamat tautan file telah diubah oleh server sehingga file tadi tidak bisa di download dengan alamat tautan sebelumnya.

Saya juga mengalami hal yang sama ketika download windows 10 yang sekitar 3 GB menggunakan IDM dan keluar peringatan seperti yang saya sebutkan di atas. Untungnya saya menemukan cara agar saya bisa melanjutkan mengunduh file tadi tanpa perlu download dari awal lagi. Berikut cara yang saya gunakan:

  1. Buka Dashboard IDM kalian, kemudian kalian cari lokasi file yang gagal diunduh. File ini bisa kalian temukan di antrian file yang belum selesai.
    Image - Mengatasi Masalah IDM “Do you want to download it from the beginning”
    kitty meme
  2. Kilik kanan pada file tersebut dan pilih pada property lalu klik pada file diperoleh dari halaman. Jika kalian tidak menemukan, kalian bisa menuju halaman tempat download file tadi. Pada contoh di bawah saya download file yang diperoleh dari Zippyshare.
    Image - Mengatasi Masalah IDM “Do you want to download it from the beginning”
    gambar 151
  3. Pada halaman unduhan kalian kalian copy link file kalian yang baru ke kolom alamat pada bagian properti di IDM (bisa dengan klik kiri pada antrian unduhan anda). Jika link tidak keluar seperti di zippyshare kalian bisa klik download sampai IDM download keluar, atau jika pop up IDM tidak keluar kalian bisa menyalin link pada tab unduhan di browser kalian.
    Image - Mengatasi Masalah IDM “Do you want to download it from the beginning”
    kitty meme
    Image - Mengatasi Masalah IDM “Do you want to download it from the beginning”
    kitty meme

Kesimpulan

Hal di atas bisa di terapkan untuk berbagai tempat download file seperti Zippyshare, Mediafire, uploaded, mirror, dan lainnya. Namun langkah di atas tidak bisa digunakan untuk download file di Gdrive kalian mesti memindahkan file ke file hosting atau di taruh di mirror website. File yang kalian download harus berasal dari hosting yang sama, namun kalian bisa download dari lokasi file yang berbeda asalkan file tadi mempunyai hash yang sama.Jika muncul kembali permasalahan yang telah saya sebutkan sebelumnya kalian bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk mendapatkan alamat tautan yang baru. Demikian tutorial singkat dari saya untuk melanjutkan download pada file yang kalau download menggunakan IDM. Kalau da yang kurang jelas bisa ditanyakan di komentar ya!.

Comment:

Belum ada satupun komentar, tulis komentar pertama kamu sekarang