Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare

  • calendar_today
  • styletutorial
  • shareshare
  • question_answercomment
Thumbnail - Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare

Mail Server atau E-Mail Server dalah perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, mail server juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa FTP.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat emai server dari domain yang kita miliki diantaranya menggunakan VPS dan menggunakan email service provider. Jika kita menggunakan VPS untuk meletakan email server kita ini kita akan dihadapkan beberapa setup agar email server bisa digunakan dengan baik di vps, seperti setup firewall, networking, database, install software dan lainnya. Tentu ini belum termasuk perawatan dari vps yang digunakan tadi. s Email Service Provider mungkin merupakan langkah yang baik bagi kamu yang ingin membuat email hosting yang gak mau ribet melakukan setup dan membeli VPS. Ada beberapa email service provider yang terkenal dan banyak digunakan seperti G Suite, Outlook, Yahoo dan lainnya. Selain mendapatakan email hosting gratis kita juga akan mendapatkan tambahan 30GB penyimpanan gratis jika berlangganan bulanan G Suite 3 dollar . Namun menggunakan email provider di atas kita akan diberikan limit penyimpanan inbox dan lainnya. Apalagi harga yang tidak seimbang dengan penggunaan sehari-hari. Untunya saya menemukan Migadu sebuah email provider yang bagus dan gratis.

Migadu merupakan email hosting dari Switzerland yang meyediakan berlanggan gratis (free plan). Free plan mendukung satu domain email, jumlah kotak surat tidak terbatas, penyimpanan email 1 Gigabyte dan 10 pesan keluar per hari yang mencakup tanda tangan “Sent via Migadu” di bagian bawah setiap pesan . Saya rasa ini cukup lah bagi orang yang merintis usaha digital/blogger dan ingin usahanya terlihat lebih professional dengan memiliki email perusahaan sendiri.

Image - Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare
Migadu Pricing
Untuk menggunakan email hosting gratis ini kita tidak diharuskan memasukan informasi keuangan kita seperti info kartu kredit dan lainnya. Jika kamu ingin menghapus tanda tangan tadi cukup mulai berlangganan 4 dollar saja.

Ini lebih murah ketimbang kita menggunakan G Suite yang memiliki harga yang tidak masuk akal dan limit yang terbatas.

Pengaturan Email menggunakan domain sendiri

Menyiapkan email di domain Kamu sendiri sangat sederhana dengan Migadu. Kamu dapat dengan mudah pergi dari mendaftarkan akun Migadu untuk menggunakan kotak surat baru Kamu dalam waktu sekitar 15 menit, dengan asumsi Anda sudah memiliki nama domain terdaftar.

1. Belum Punya Nama Domain?

Migadu adalah hosting email untuk domain. Migadu tidak menawarkan email di domain kami, jadi Kamu harus membawa email Anda sendiri.

Jika Anda tidak memilikinya, sudah waktunya untuk mendapatkannya. Nama domain yang kredibel mulai dari hanya beberapa dolar setahun. Saya merekomendasikan EuroDns dan Gandi, untuk membeli TLD domain baru karena harga berlangganan yang tidak telalu mahal dan ada banyak promo menariknya.

Harap berhati-hati jika menggunakan TLD gratis seperti yang ditawarkan di Freenom. Anda tidak hanya akan mengalami kesulitan dengan layanan Internet lainnya, tetapi alamat email apa pun yang Anda buka akan dianggap mencurigakan oleh kebanyakan penyedia email seperti gmail dan lainnya. Apa gunanya memiliki email yang tidak sampai ke manapun?

2.Daftarkan Akun Migadu, Jika Belum Punya

Untuk memulai menggunakan mail server, Anda harus mendaftarkan akun di Migadu. Ini gratis dan itu akan memakan waktu sedetik karena kami tidak mengganggu Anda dengan semua pertanyaan yang tidak relevan. Hanya alamat email dan kata sandi yang diperlukan.

Setelah terdaftar dan masuk, Anda akan melihat sedikit perbedaan pada panel admin yang mungkin telah Anda lihat. panel admin terlihat sangat simple dan sederhanan. Menu ada di sebelah kiri dan kontent ada di kanan yang sudah ‘async’, prosess konfigurasi domain dan email menjadi sangant mudah dan cepat.

3. Tambahkan Domain Pribadi

Waktunya menambahkan domain Kamu. Jika Kamu tidak mengklik undangan untuk menambahkan domain pertama Kamu setelah masuk, pilih di sidebar paling kiri “Domain.” Di bagian atas bilah sisi yang baru dibuka, Anda akan melihat “Add New Domain”, berwarna hijau. Perhatikan! Sekarang meminta nama domain Kamu. Cukup masukkan dan Kamu bisa untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Alamat RFC adalah alamat yang direkomendasikan yang seharusnya ada di setiap domain, jika Anda bertanya-tanya tentang opsi pra-dicentang pada formulir. RFC adalah spesifikasi yang disepakati secara sederhana yang harus diikuti sistem Internet. Kecuali Anda benar-benar tahu apa yang Anda lakukan, Anda harus tetap menggunakan opsi ini. Tidak ada biaya apapun.

4. Pilih Profil Konfigurasi DNS

Setelah domain Anda telah dibuat dengan Migadu, itu harus dikonfigurasi untuk bekerja dengan mail server. Ada beberapa kemungkinan pengaturan yang kita sebut profil konfigurasi DNS. Yang mana Sebaiknya Dipilih?

Image - Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare
Migadu DNS Settings
DNS terdengar sulit tetapi sebenarnya cukup sederhana. Nama domain Anda perlu menunjuk bagaimana ke infrastruktur terhubung dengan layanan. Ini dicapai melalui penyesuaian catatan DNS dari domain Anda. Ketika sebuah email ditujukan untuk Anda, penyedia email pengirim akan mencari catatan DNS ini untuk mengetahui ke server mana telah mengirim pesan.

Catatan DNS ini disimpan di server lain, yang disebut nameservers . Hampir semua pendaftar nama domain secara otomatis menawarkan dan menyiapkan server nama untuk domain yang terdaftar bersama mereka. Konfigurasi yang sama dapat membuat frustasi karena bisnis utama pendaftar bukanlah DNS (atau email!) dan karena itu kemudahan penggunaan sering diabaikan. Untuk tujuan panduan ini, Saya akan menggunakan nameserver cloudflare ini karena website saya telah menggunakan cloudflare dan tidak ingin menggunakan nameserver yang telah disediakan oleh migadu.

5. Konfigurasikan DNS di Cloudflare

Sekarang Anda harus membuat beberapa perubahan pada domain Anda di pencatat domain. Silakan ikuti instruksi yang ditunjukkan. Untuk kali ini saya akan menggunakan DNS yang disediakan oleh Cloudflare cukup pontkan nameserver dari domain kalian ke cloudflare. Setelah domain kalian menggunakan cloudflare kalian bisa mengikuti langkah berikut:

Image - Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare
Clouflare DNS Settings

1. Add MX RECORD

Catatan MX menyatakan email server mana yang mengelola semua lalulintas email yang masuk.

Data MX harus disetel di domain email Anda sebagai tipe data MX. Nama catatan DNS harus dibiarkan kosong. Beberapa editor DNS mungkin menggunakan tanda-tanda di (@) alih-alih kosong. Jika diminta nilai TTL, 3600 adalah pilihan yang sesuai.

DNS Hostname (Nama Catatan MX)

(biarkan kosong atau “@”) .example.com

Nilai MX (prioritas , mx server)

10 aspmx1.migadu.com

20 aspmx2.migadu.com

2. Add SPF Record

SPF membatasi pengiriman email domain Anda hanya ke server tertentu. Secara efektif mencegah orang lain menggunakan nama domain Anda. Data SPF harus ditetapkan di akar domain email Anda sebagai tipe data TXT. Nama catatan DNS harus dibiarkan kosong. Beberapa editor DNS mungkin menggunakan tanda-tanda di (@) alih-alih kosong. Jika diminta nilai TTL, 3600 adalah pilihan yang aman.

DNS Hostname (Nama Catatan TXT)

(biarkan kosong atau “@”).example.com

TXT Record Value

v=spf1 a mx include:spf.migadu.com ~all

3.Add DKIM Record

DKIM menandatangani semua email keluar domain Anda dengan tanda tangan kriptografi sebagai bukti keaslian. Nilai DKIM berisi kunci publik domain Anda. Pastikan untuk menyalin-tempelkan nilai secara keseluruhan. Jika diminta nilai TTL, 3600 adalah pilihan yang aman.

DNS Hostname (Nama Catatan TXT)

(biarkan kosong atau “@”).example.com

TXT Record Value

v=DKIM1; k=rsa; s=email; p=MIGfMA0GCSqGSIb3DQEBAQUAA4GNADCBiQKBgQDQat+V/hcyEGELixecVntqUG5M/IjS7kT3C2b37jm0/fluuQLplajnaH4xDRNvXcOhbxs0LWULhve8GccFFNOcEdQ5ynQPjWfWlTnd5w6JWdkfLjPNsamqawjauigEuG/V43+h+b5MmWYMKZcXPE/xq3P+OhifBotbTvwtyo8zQQIDAQAB

6.Tunggu Verifikasi

Migadu memeriksa konfigurasi domain sekitar ~ 15 menit. Jika perubahan nama server Anda merambat dengan cepat, kami harus dapat memverifikasinya dengan cepat. Jika konfigurasi domain yang benar terdeteksi (menentukan nama server kami), kami akan mengaktifkan domain Anda. Karena propagasi DNS dapat memakan waktu berjam-jam dan kadang-kadang bahkan berhari-hari, silakan gunakan pemeriksaan kesehatan untuk mencari konfigurasi jika domain Anda tidak diaktifkan dalam satu jam. Cek kami akan terus berjalan selama sekitar satu minggu kecuali jika konfigurasi yang valid terdeteksi.

Image - Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare
Migadu DNS Connected
Anda dapat menggunakan waktu tunggu ini untuk membuat kotak surat yang diperlukan di domain Anda. Di panel admin Migadu, saat berada di domain, pilih Kotak Surat dan mulailah menambahkan. Harap perhatikan bahwa kotak surat ini tidak dapat diakses hingga domain Anda tidak diverifikasi.

7.Mulai Mengirim Email!

Jika domain kamu telah diverifikasi, semua ‘mailbox’ yang tesedia atau dibuat kini telah bisa kamu gunakan untuk menerima semua pesan masuk.

Image - Membuat Email Server menggunakan Migadu dan Cloudflare
Migadu Webmail Dashboard
Selain melalu webmail kamu juga bisa mengakses semua mailbox yang ada melalui protokol IPOP3 (Post Office Protocol v3) atau IMAP (Internet Mail Application Protocol) dan bisa menggunakan SMTP (Simple Mail Transfer Protokol) untuk mengirimkan email kamu. POP3 merupakan protokol client/server dimana email dikirimkan dari server ke email lokal. Digunakan untuk berkomunikasi dengan email server dan mengunduh semua email ke email lokal (seperti Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dan sebagainya), tanpa menyimpan salinannya di server.

Kesimpulan

Migadu sangant cocok bagi kamu yang tidak memiliki VPS dan tidak memiliki uang untuk mulai berlangganan di email provider seperti G Suite. Meski dengan diberikannya signature ‘sent from migadu’ saya rasa bukan menjadi hal yang terlalu penting dan tidak mengganu sih. Apalagi kita diberikan akses SMTP/POP3 dan bahkan webmail tidak seperti beberapa email provider gratisan lainnya seperti zoho salah satunya.

Comment:

Belum ada satupun komentar, tulis komentar pertama kamu sekarang