5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot

  • calendar_today
  • styletutorial
  • shareshare
  • question_answercomment
Thumbnail - 5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot

Pernahkah kamu merasa laptop kamu terasa lambat atau lemot setelah menginstall software atau saat kamu update sistem operasi ataupun bios. Mungkin jurus yang saya gunakan ini bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu terapkan pada laptop kamu tanpa perlu upgrade hardware yang sudah ada pada laptop kamu.

Faktor Penyebab Laptop Kamu Lambat / Lemot

Ada beberapa faktor yang bisa membuat laptop kamu terasa lemot jika diggunakan. Salah satu faktor adalah adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang, meski aplikasi ini tidak muncul di layar laptop kamu tetapi tidak secara langsung menguras penggunaan dari RAM ataupun CPU yang ada. Dengan adanya aplikasi yang berjalan ini aplikasi yang kamu sedang buka akan medapatkan RAM untuk menyimpan data sementara alhasil terjadi “freeze screen” (aplikasi tidak bisa dibuka).

Image - 5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot
windows task manager

Aplikasi yang berjalan bisa saat pertama kali kamu menghidupkan laptop atau pada saat kamu membuka sebuah aplikasi seperti aplikasi IDM (Internet Download Manager) yang otomatis menjalankan aplikasi Grabber di latar belakang. Contoh lainnya adobe yang menjalankan Adobe Creative Cloud mereka di latar belakang. Jika diperhatikan memang tidak terlalu besar pemakaiannya tetapi tetap mempengarui performa laptop kamu.

Selain hal itu penggunaan Software antivirus yang berlebihan menjadi salah satu penyebab laptop kamu terasa lebih lambat. Misalnya kamu menambahkan antivirus avast ke windows 10, padahal di windows 10 sudah ada antivirus tersendiri yaitu windows devender yang telah disediakan oleh microsoft secara cuma-cuma. Ini seperti kamu memiliki dua isi yang tinggal pada satu atap, padahal satu istri saja cukupkan.

Image - 5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot
ilustrasi trojan di pc

Mendownload crack, aplikasi bajakan merupakan tindakan yang sama saja membiarkan virus masuk ke laptop kamu, kan banyak yang situs download yang meminta kamu untuk mematikan antivirus sementara sebelum menginstall aplikasi tadi. Padahal kamu tidak tau siapa pembuat aplikasi bajakan tadi akibatnya laptop kamu terserang virus dan menjadi lambat karena virus tadi memakan penggunaan dari RAM ataupun CPU kamu.

Saran saya sebaiknya kamu memasang deep freezer atau melakukan backup kalau kamu emang kepaksa harus mendownload aplikasi bajakan ( bukan mengajarkan tindak jahatya), jadi kalau sewaktu-waktu kalau ada virus yang nempel jadi lebih gampang buat mengembalikanya.

Metode - Metode Mengatasi Laptop Lemot

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan laptop ke kondisi semulanya, ini buka meningkatkan kemampuan dari laptop kamu tetapi mengembalikan kondisinya seperti baru pertama kali beli dari pabriknya. Pastikan kamu telah melakukan backup data untuk mengatasi hal yang tidak di inginkan jika salah dalam mengikuti metode - metode berikut:

Menghentikan / Menghapus Aplikasi dan Folder yang Tidak Perlu

Sebelum menginstall aplikasi yang baru pastika aplikasi itu tidak memiliki fungsi yang sama seperti kasus antivirus yang sebelumnya. Pastikan kamu telah menyimpan installasinya jadi kamu tidak perlu mendownload software yang akan kamu hapus nanti. bagi kamu yang menggunakan windows 10 kamu bisa membuka :

Image - 5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot
iremove app from windows 10
  1. klik kanan pada bagian windows
  2. pilih pada bagian setting, klik pada bagian Apps
  3. kemudian pada Apps & Feature kamu agak gulir kebawah sampai menemukan ikon app yang ingin di hilangkan
  4. Pada menu yang keluar kamu klik uninstall

Agar tidak tersisa bekas file yang masih menempel pada saat kamu menghapus aplikasi tadi, kamu bisa membuka folder Program File atau Program File x86 pada disk C:\\ (tergantung dimana lokasi windows kamu) cari folder dengan nama yang sama kemudian kamu hapus. Sekarang bagaimana jika kamu tidak ingin menhapus aplikasi tadi tetapi, kamu merasa setelah membuka aplikasi tadi komputer menjadi lambat contohnya aplikasi Adobe atau Chrome. Itu bisa kamu atasi dengan menhentikan aplikasi tersebut yang berjalan di latar belakang melalu Task Manager:

  1. Pada bagian taskbar kamu klik kanan di bagian jam dan tanggal
  2. Cari aplikasi yang memiliki nama yang sama dengan aplikasi yang tadi
  3. Di tab Performance pada bagian bawah pilih Open Resource Monitor
  4. Lihat Pada bagian CPU kamu cari pada kolom yang memiliki nama yang mirip dengan aplikasi yang kamu buka sebelumnya
  5. Jika kamu menemukannya kamu klik kanan pada kolom tadi kemudian pilih end process tree dan aplikasi tadi akan terhenti

Jika saya membuka aplikasi adobe photoshot cs18 maka saya akan mencari kolom yang ada tulisan Adobe atau photoshopnya

Menggunakan Perangkat Lunak (Software) yang Tepat

Pastikan aplikasi / software di laptop kamu memiliki sistem requirement yang sama dengan laptop kamu, jangan sampai kamu mendownload software yang tidak mendukung dari laptop yang kamu, dan akibatnya rugi di kuota kan. Conthnya laptop kamu memliki ram 4GB kamu kemudian mencoba mendownload Adobe After Effect yang versi 2018, memangsih bisa di install tetapi tidak bisa digunakan dan sering ngelag. untuk melihat spesifikasi dari perangkat windows yang kamu.

  1. Buka Explorer
  2. Klik Kanan pada this PC
  3. Klik pada bagian Properties

Pada bagian kanan kamu akan melihat versi windows baik yang x86 atau yang x64, jenis cpu dan besarnya RAM yang perangkat windows kamu miliki.

Mematikan Fitur Tambahan di Windows 10

Ada beberapa fitur windows yang dapat membenani kinerja dari laptop kamu diantaranya animasi, pencarian(index file) dan blur display (glass display). Tentu fitur itu tidak kita butuhkan jika kamu bukan orang yang mementikan tampilan dari laptop kamu sendiri, untungya kita bisa mematikan fitur di windows 10 sebagai berikut:

Image - 5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot
disable windows animation

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik di System and Security.
  3. Pilih pada bagian System.
  4. Klik di Advanced system settings link pada sisi kiri panel.
  5. Pada bagian “Advanced” tab, dibawah “Performance,” Klik tombol Settings.
  6. Pada “Performance Options,” dibawah “Visual Effects,” pilih Adjust for best performance option untuk menghentikan efek dan animasi.
  7. Klik Apply.
  8. Klik OK.

Penting: Using this option will also affect the way fonts are rendered. If you want to keep fonts crisp and more readable, select the Custom option instead, clear all the settings, but leave the Smooth edges of screen fonts option checked.

Scan dan Update dari Antivirus Secara Berkala

Image - 5 Jurus Jitu Mengatasi Laptop Yang Terasa Lemot
windows update

Saya rasa hal ini yang jarang di lakukan oleh orang yang mempunyai laptop yaitu scan dan update antivirus. Kebanyakan orang malas menunggu prosess scan yang cukup lama dan hanya melakukan quick scan. Padahal virus komputer bisa saja tersebunyi di tempat yang tidak terlihat (sistem file). Pada Windows 10,kamu bisa menggunakan Windows Defender Antivirus untuk scan dan menghapus malware dari perangkat yang kamu miliki:

  1. Buka Start.
  2. Cari Windows Defender Security Center, klik pada hasil pencarian tadi untuk membuka aplikasi.
  3. Klik di Virus & threat protection.
  4. Klik Advanced scan link.
  5. Pilih opsi Full Scan.
  6. Tekan tombol Scan now.

Kesimpulan

Semoga trik yang saya gunakan bisa membantu kamu untuk mengembalikan performa dari perangkat windows kamu ke kondisi semulanya. Tetatpi jika kamu telah melakukan hal di atas namun tidak membuahkan hasil kamu bisa melakukan upgrade dari hardware kamu dan menggunakan sistem penyimpanan yang lebih baik seperti mengganti HDD (HardDrive) ke SSD yang memiliki kecepatan membaca dan menulis file yang lebih besar.