Thumbnail - Membuat Gambar Long Shadow Dengan Mudah di Gimp

Membuat Gambar Long Shadow Dengan Mudah di Gimp

Kang Admin Avatar

Oleh kang admin

Pada

Long shadow merupakan effect yang membuat seolah-olah gambar memiliki depth atau kedalamn dan memiliki sebuah bayangan. Untuk membuat effect ini tidaklah sulit jika kamu menggunakan Gimp, Gimp adalah aplikasi edit gambar mirip photoshop yang bisa didapatkan dengan gratis (Freeware). Saya lebih sering menggunakan GIMP karena tidak memakan banyak RAM dan bisa dipakai gratis. Sebelum mengikuti pastikan kamu menggunakan gimp versi ke atas, atau jika belum mempunyai bisa mendownload pada .

Hasil akhir dari pengaplikasian dari effect long shadow ini adalah sebagai berikut

final result

1. Menyiapkan Project Baru

Untuk membuat halaman kerja baru di gimp hampir mirip dengan di photoshop, pastikan jika ukuran gambar besar, agar ukuran dari long shadow bisa terlihat jelas.

gimp new project setup

Drag dan drop gambar yang ingin di buat ke dalam workspace (panel yang ada di tengah - tengah) dan pastikan gambar yang akan di import memiliki alpha atau gambar yang transparat agar effek bisa teraplikasi dengan sempurna.

2. Mengaktifkan Effect Long Shadow

Untuk menggunakan effect long shadow bisa membuka filter > light & shadow > long shadow, pada effect ini saya menggunakan Tampilan fadding agar ada gradien dari bayangan. Saya juga mengatur Angel ke 45 derajat dan Midpont ke 100, semakin besar midpoint maka warna dari shadow semakin tebal serta mengatur compositing Shadow plus Image.

long shadow gimp property

3. Memperbaiki Ukuran Layer Yang Kekecilan

small layer gimp

Jika ukuran bayang yang di buat terpotong seperti pada gambar di bawah, itu karena ukuran dari bayangan tadi terpotong oleh ukuran dari layer dari gambar yang sebelumnya di import untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memperbesar dari ukuran gambar / canvas dengan Layer > Layer to Image Size.

fix small layer gimp

Silakan mengulangi mengaktigkan effect long shadow dan maka bayangan yang terpotong kini memenuhi gambar / canvas.

4. Mengatur Warna Shadow

fix background color gimp

Untuk membuat warna dari bayan tidak jomplang atau terlalu berbeda dengan warna dari latar belakang, saya akan mengambil warna dari latar belakan dan menurunkan ligh (Cahaya) / intensitasnya sehingga memiliki warna yang sesuai dengan latar belakang tetapi dengan warna yang lebih gelap.

Comment:

Belum ada satupun komentar, tulis komentar pertama kamu sekarang