Thumbnail - Membuka File di Aplikasi Termux

Membuka File di Aplikasi Termux

Kang Admin Avatar

Oleh kang admin

Pada

Sering kali ketika saya mendownload file atau script melalui browser dan ingin membukanya menggunakan termux dihadaptkan terhadap keribetan, saya harus mencari path / lokasi dari file untuk membukanya. Ternyata hanya dengan sedikit saja pengaturan saya berhasil membuka file langsung di termux dan membukanya dengan file editor kesukaan saya neovim. Berikut langkah - langkahnya:

Bagi teman - teman yang belum mempunyai IDE / File Editor di termux seperti vim, vi, nano, atau yang lainnya. Kamu bisa menggunakan nvim (neovim) yang seperti saya gunakan sekarang ini.

pkg install neovim

Mengatur Teks Editor Termux

Untuk menabah teks editor di termux bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menaruh program text editor di dalam folder bin yang berada pada $HOME directory, atau bisa menggunakan ln atau membuat link dari program text editor yang telah terinstall sehingga tidak perlu mengcopynya ke folder target bin dan mengganti naman filenya menjadi termux-file-editor. Berikut perintah yang saya gunakan

ln -s $PREFIX/bin/nvim $HOME/bin/termux-file-editor

Dari FileManager ke Termux

Pastikan kalian telah Mengatur Teks Editor Termux kemudian di FileManager pada file yang ingin dibuka, kalian share file itu dan pada plihan yang muncul kalian tinggal pilih termux. Maka file tadi akan tersimpan di dalam folder download yang ada di $HOME (User Directory), jika di minta untuk mengisi nama file yang hendak di buka, bisa di isi sebarangan asalkan extension atau jenis berkas sama misalkan lama.txt bisa diubah ke baru.txt.

Dengan menggunakan metode ini file lama akan terpisah dengan yang ada di termux, dan jika ada kesalan dalam saat mengedit file akan ada backupnya atau simpanan lamanya. Semoga ini bermanfaat bagi pengguna termux baru dan bisa meningkatkan produktivitas kamu.