Thumbnail - Langkah Mengatur Berbagai Jenis Proxy di Ubuntu

Langkah Mengatur Berbagai Jenis Proxy di Ubuntu

Kang Admin Avatar

Oleh I Kadek Adi Gunawan

Pada

Sebelumnya saya menggunakan http injector dan Menggunakan KpnTunnel dengan mudah di windows dengan mengguanakn proxyfire tetapi pada ubuntu tidak ada aplikasi ini. Saya coba untuk mencari alternative cara agar bisa menjalankan proxy di Ubuntu salah satu cara yang lakukan adalah menggunakan proxyman, shadowproxy, dan proxychains. Proxyman saya gunakan sebagai proxy management pada ubuntu jadi dengan proxyman ini bisa mengatur sistem proxy dan bebeberapa aplikasi seperti docker, npm dan pkg termasuk Ubuntu Software. Sedangkan proxychains saya pakai untuk menconvert socks5 proxy menjadi http proxy. Dengan menggabungakan proxyman dan proxchain saya tidak perlu merubah - ubah ip ataupun port dari proxyserver dan nantinya proxychain yang akan memforwardnya.

Menjalankan Shadowproxy

Shadowproxy ini bertujuan sebagai local forwarding untuk proxy server yang digunakan jadi aplikasi yang tidak bisa mendukung jenis proxy tertentu seperti socke5 bisa menggunakan http proxy. Misalkan saya ingin memforward socks5 proxy pada 192.168.43.1:1080 dan memforwadnya pada local http proxy pada port 9999 maka saya akan menjalankan perintah berikut:

shadowproxy -v http://:9999/?via=socks://192.168.43.1:1080

Jika kita mencoba mengakses url menggunakan http proxy 127.0.0.1:9999 maka pada terminal akan keluar output seperti gambar di bawah ini:

Image - Langkah Mengatur Berbagai Jenis Proxy di Ubuntu

Dengan menggunakan shadowproxy ini saya tidak perlu mengubah konfigurasi untuk proxyman ataupun proxychains cukup dengan menggunakan perintah di atas saja dan kalau ingin mengganti ke proxy yang lainnya saya tinggal mengganti dari ?via=socks:// menjadi yang lainnya.

Menjalankan Proxyman

Proxyman adalah sebuah proxymanagement yang memudahkan atau melakukannya secara otomatis jadi orang awan yang tidak megerti cara mengatur proxy pada linux / ubuntu bisa melakukannya. Selain mengatur proxy, proxyman juga bisa digunakan untuk mereset / mengatur ulang proxy ke semula jadi semakin mudah untuk berpindah proxy dengan cepat.

untuk cara menginstall dan mengguanakan proxyman bisa mengikuti video di bawah ini:

Image - Langkah Mengatur Berbagai Jenis Proxy di Ubuntu

Mengatur Proxychains

Ada saatnya Proxyman tidak bisa melakukan proxy unutk beberapa jenis program di ubuntu, nah untuk mengatasi itu bisa menggunakan proxychains. Untuk menginstall Proxychains gunakan perintah sudo apt-get install proxychains. Setelah proxychains terpasang kini saatnya saya akan mengedit file konfigurasi proxychains pada etc/proxychains.conf menjadi seperti berikut.

strict_chain

quiet_mode

proxy_dns

tcp_read_time_out 15000

tcp_connect_time_out 8000

http 127.0.0.1 9999

Pada konfigurasi diatas saya menggunakan local http proxy pada local port 9999 sebagai default proxy untuk proxychains. Untuk menjalankan program mengguanakn proxychains bisa mengguanakan perintah seperti.

proxychains <nama_program>

#contohnya
proxychains gnome-todo

Setup Proxy untuk Firefox Browser

Image - Langkah Mengatur Berbagai Jenis Proxy di Ubuntu