Thumbnail - Megatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi di Ubuntu

Megatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi di Ubuntu

Kang Admin Avatar

Oleh I Kadek Adi Gunawan

Pada

Wifi adapter tidak terdeteksi di Ubuntu padahal sebelumnya di Windows 10 tidak ada kendala sama sekali seperti ini, saya menggunakan Realtek Semiconductor adapter pada laptop HP dengan VGA AMD. Jadi saya terpaksa harus menggunakan bluetoot atau menggunakan USB, akibatnya tidak bisa menggunakan wifi gratisan. Ternyata banyak yang mengalami hal seperti saya ini WiFi adapter not found in Ubuntu 18.04 dan ternyata solusinya sangat sederhana karena cukup memasang rtlwifi_new, dan menginstallnya sesuai seri dari hardware yang di gunakan, untuk mengetahui seri dari hardware jalankan lspci cari baris yang ada tulisan realtek.

Image - Megatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi di Ubuntu

Menginstall RTLWIFI_NEW

Pastikan sebelumnya pada ubuntu telah terpasang “make”, “gcc”, “kernel headers”, “kernel build essentials”, dan “git”, jika belum terpasang bisa menggunakan:

sudo apt install make gcc kernel headers kernel build essentials git

Sekarang kita akan melakukan cloning untuk source dari rtlwifi_new

git clone -b extended future https://github.com/lwfinger/rtlwifi_new.git

Sekarang Saatnya untuk mengcompile source tadi dan menginstallnya di Ubuntu.

cd rtlwifi_new
sudo make install
sudo modprobe -r <<WIFI DRIVER CODE>>
sudo modprobe <<WIFI DRIVER CODE>>
Image - Megatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi di Ubuntu

Jika setelah melakukan langkah di atas dan pada suatu saat tiba - tiba pada saat mengaktifkan mode pesawat dan wifi adapter kembali tidak terdeteksi bisa melaukan install ulang wireless driver, pastikan kalau lokasi menjalankan terminal pada rtlwifi_new.

sudo make clean
sudo make install
sudo modprobe -r <<WIFI DRIVER CODE>>
sudo modprobe <<WIFI DRIVER CODE>>

Mengatasi Wifi Yang Lambat

Jika terasa saat menjelajahi internet terasa lamabat kurang dari 1 Mbps atau signal terasa kurang ini mungkin karena ada masalah saat menginstall wirless driver menggunakan rtlwifi_new ini. Unutk mengatasi itu maka perlu membuat pegaturan kusus agar kecepatan kembali ke keadaan semula seperti berikut.

sudo gnome-text-editor /etc/modprobe.d/<<WIFI DRIVER CODE>>.conf

Untuk saya karena menggunakan driver code rtl8723be maka nama konfigurasi menjadi 50-rtl8723de.conf dan pada file ini saya isikan seperti ini

options rtl8723be ant_sel=2

Setelah hal ini saya lakukan full reboot, dan sekarang sudah kembali ke adaan semulanya. Jika kalian artike ini sangat membantu kalian bisa membagikan artike ini kepada teman kalian yang menggunakan ubuntu juga sehingga kalau mengalami hal yang sama bisa mengguanakan artikel saya ini sebagai acuan.